Kamis, 21 November 2013

Bikin VCO(Virgin Coconut Oil) sendiri yukkk ....


Cara membuat VCO ini saya dapatkan saat iseng-iseng membaca majalah trubus dirumah kakakku (di Semarang). Aku memang suka banget baca majalah yang satu ini, menurutku saat membaca pasti ada aja inspirasi positip yang aku dapatkan. Kebetulan saat itu VCO ini baru booming, penasaran juga aku dengan cara membuatnya. Kebetulan banget kan ... pas buka majalah aku mendapatkan cara pembuatannya. Kebetulan waktu itu aku habis mengalami kecelakaan lalu lintas, kena sundul dari belakang mobil pick up nya seorang pedagang pisang saat mau nganter anakku les (gak jadi les dech, malah jadi nya kerumah sakit). Dan saat itu aku dan anakku sama-sama mengalami reta tulang, aku dikaki kanan, anakku di tangan kanan. Untung aja jalanan lagi sepi jadi ga ada yang memperparah kecelakaan itu (Masih tetep bersyukur :)). Ga usah di critain ya kronologi kecelakaannya, bisa panjaaaaaaaaaaaaaaang kalo aku ceritakan disini. Singkat cerita setelah di sundul mobil itu aku mengalami retak tulang dan harus di gips selama sebulan, setelah gips dilepas ada aja keluhan yang aku alami, belajar jalan aja hampir 6 bulan. Kakiku pun sering mengalami rasa sakit yang bisa menjalar ke seluruh tubuh kalo pas parah-parahnya. Mana pahaku mengalami bengkak lagi saat latihan jalan. Rasa sakit ku ini mungkin lebih parah dari orang lain yang mengalami retak tulang lainnya , karena aku pernah kena penyakit HNP dan mengenai kaki kananku juga. Jadi ibaratnya kaki kananku ini mengalami "sudah jatuh terhimpit tangga" ... hahaaaa ... Ngenes yaaa :( . Tapi dalam hati aku tetap semangat untuk bebas dari rasa sakit ini. Aku selalu berdo'a semoga Allah memberi hikmah dibalik ujian penyakit yang aku alami ini. "Cemungudz Enni !!!!" ... itulah yang selalu aku katakan dalam hati saat rasa sakit melanda .. hahaaa.

Kenapa aku ingin mencoba membuat VCO sendiri??? jawabannya klasik, karena biar hemat :D. Bayangkan saja 100 ml aku harus beli dengan harga antara  Rp 10.000,- hingga Rp 25.000,-, padahal sehari aku minum minimal 3 sm (tapi prakteknya lebih, sekali minum aku 2 sm). Kebetulan aku pernah mencoba minum VCO ibuku yang dibelikan kakakku. Reaksinya luarrrr biasa, setelah minum aku merasakan telapak kakiku pada cenat cenut dan setelah itu rasa sakitnya sedikit berkurang. Alhamdulillah Allah menjawab do'aku dengan mempertemukan aku dengan majalah trubus yang ada diruang tamu kakakku itu :). Sesampai dirumah, selang sehari aku pun langsung nyari alat dan bahan untuk bikin VCO sendiri ... pertama nyoba  pakai 2 buah kelapa yang ukuran gede ... yuhuuuuuu ... percobaan pertamaku berhasil ... horeee!!!  dari 2 buah kelapa itu bisa didapatkan 150 ml VCO ... Waaahhh bisa hemat bin irit dech kalo hasilnya seperti ini, tapi masalah hasil ini tergantung kualitas kelapa yang kita pakai lhooo ... kadang bisa lebih atau pun kurang,

Yukkk daripada kepanjangan cerita masa laluku kita ke masalah intinya. Begini  nih Cara pembuatannya ;



Alat dan Bahan :
1.Kelapa yang tua (warana kulit arinya coklat tua/ yang sudah keluar Kenthos / bakal tunasnya (tapi masih kecil lhoo).

2Mixer ( Yang biasa untuk bikin adonan kue),
3. Pisau untuk membersihkan kelapanya

4. Corong plastik (pilih yang warnanya putih transparan, karena kalau yang berwarna bisa luntur).
5. Kapas putih (Yang biasa untuk bersihin wajah).
6. Gelas yang agak tinggi (untuk menampung hasil akhir VCO)

Cara Membuat :

1. Bersihkan kulit ari kelapa dengan bantuan pisau / alat untuk membersihkan kusus 
2. Cuci kelapa, lalu parut (kalo bikinnya banyak dibawa ke tukang parut dipasara aj, tapi kalo mau olahraga tangan juga ga papa di parut sendiri .. bisa irit biaya :D ).
3. Ambil santan kental / kaninya. Sebaiknya menggunakan air matang / air isi ulang ya, biar lhigienis. 
4. Mixer kanil tadi selama 15 menit denan high speed.
5. Ambil kapas lalu masukkan kelubang corong plastik ( lubang corong ditutup dengan kapas sekencang mungkin / corong disumpal kapas ).
6. Tuang kanil ke wadah transparan yang bersih. diamkan selama kurleb 9 jam, akan terbentuk 3 lapisan ( paling bawah air, tengah : kanil, atas : minyak ). Kadang antara lapisan tengah dan atas bisa tukeran.
7. Ambil lapisan minyak dengan sendok lalu tuangkan kecorong plastik yang sudah di sumpal kapas, letakkan diatas gelas. Tunggu aja, ntar minyak bening akan jatuh ke gelas tetes demi tetes ... nah itulah hasil yang kita harapkan. 
* Kalo kita memakai kelapa hijau warnanya akan agak kekuningan, 
* Kelapa yang sudah diparut harus segera di peras agar tidak mengalami kegagalan ... ntar bisa rugi lhooo 

Selasa, 19 November 2013

Membuat Bedak Dingin Yukkkk ....



Bedak dingin bermanfaat untuk menghaluskan kulit akibat sengatan sinar matahari dan untuk mengurangi flek pada wajah. Budaya mengoleskan bedak dingin sudah tidak asing lagi dimasyarakat kita. Bisa dibilang, bedak dingin ini adalah sejenis masker primitif :D Mudah banget cara membuat bedak dingin ini, cusss simak yaaa :

1. Rendam 200 gram beras selama kurleb 2 minggu ( sampai beras kalo kita tekan sedikit aja udah bisa ancur jadi tepung). Jangan lupa tiap hari airnya diganti yaaa biar baunya ga mengganngu hidung kita :)
2. Setelah beras saat dipegang bisa ancur sendiri, tiriskan di atas saringan plastik. Ancurkan dengan cara diremas-remas.
3. Jemur di bawah sinar matahari hingga airnya berkurang.
4. Sambil menunggu tepung beras dijemur, rebuslah segenggam teh hitam dengan sedikit air, kalau ada bunga melati tambahkan beberapa kuntum agar baunya lebih wangi,dinginkan, saring.
5. Setelah tepung beras agak kering masukkan air teh sambil diaduk dengan sendok, hingga tepung itu berubah menjadi adonan yang bisa dipulung. Kalo tadonan terlalu lembek, keringkan dibawah sinar matahari hingga bisa di pulung.
6. Bentuk bulat-bulat, lalu keringkan hingga benar-benar kering.
7. Simpan di wadah tertutup.
Cara memakai bedak dingin ini juga mudah, kita ambil beberapan butit lalu kita hancurkan dengan air mawar. Kita oleskan secara merata pada wajah kita yang sebelumnya sudah kita bersihkan. Tunggu hingga bedak dingin itu kering lalu kita basuh dengan air hingga bersih. Kalo rutin memakainya wajah kita pasti akan lebih cling deh ... coba bikin dan pakai yukk :)